Friday, December 15Pusat Informasi Spiritual Indonesia

Tata Cara Mandi Wajib Dan Niatnya, Khusus Untuk Wanita.

Wanita lebih banyak dalam melakukan mandi wajib di bandingkan dengan pria. Mandi wajib atau Janabat (Junub) adalah mandi yang harus dilakukan karena mempunyai hadas besar. Maka dari itu maka Anda sebagai sebagai wanita harus tahu tata cara mandi wajib yang baik dan benar. Wanita DIWAJIBKAN untuk mandi junub adalah ketika mengalami beberapa hal.

  • Ketika mimpi basah / habis bersenggama
  • Ketika selesai Haid
  • Ketika selesai Nifas

 

Mandi wajib ini bukan sekedar mandi biasa, bukan sekedar mandi keramas, Mandi wajib ini harus diperhatikan tata cara mandi wajib nya, niatnya juga ada tersendiri yang harus diucapkan. Niatnya boleh diucapkan secara lisan maupun diucapkan di dalam hati. Lakukanlah tata cara mandi wajib yang baik dan benar sesuai dengan sunah Nabi. Karena kalau ada bagian tubuh kita yang tidak tersiram dengan air, maka itu akan di pertanggung jawabkan kelak di akhirat. Penting sekali mengetahui tata cara mandi wajib yang baik dan benar. Berikut tata cara mandi wajib beserta niatnya.

 

Niat berbagai macam mandi wajib

  1. Jika mandi junub atau mandi besar disebabkan (mimpi basah, keluar mani, dan senggama), maka niat mandinya adalah :

نويت الغسل لرفع الحدث الا كبر من الجنبت فرضا لله تعالى

Nawaitu ghuslal lirofil hadasil akbari minal jinabati fardon lillahi taala

  1. Jika mandi junub atau mandi besar disebabkan haid, maka niat mandi besarnya adalah :

نويت الغسل لرفع الحدث الا كبر من الحيض فرضا لله تعالى

Nawaitu ghuslal lirofil hadasil akbari minal khaidhi fardon lillahi taala

  1. Jika mandi junub atau mandi besar disebabkan Nifas, maka niat mandi besarnya adalah :

نويت الغسل لرفع الحدث الاكبر من النفا س فرضا لله تعالى.

Nawaitu ghuslal lirofil hadasil akbari minan nifasi fardon lillahi taala


Baca Juga :


Tata cara Mandi wajib

  1. Ucapkan niat mandi wajib sesuai dengan niatnya masing-masing.
  2. Mandi junub dimulai dengan membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan. Masing-masing 3 kali, dan cara membasuhnya dengan mengguyur kedua telapak tangan itu dengan air yang diambil dengan gayung, dan bukannya dengan mencelupkan kedua telapak tangan itu ke bak air.
  3. Setelah itu mengambil air dengan telapak tangan untuk mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih.
  4. Setelah itu berwudhu sebagaimana cara berwudhu untuk shalat.
  5. Kemudian mengguyurkan air dimulai dari pundak kanan terus ke pundak kiri habis itu baru kepala dan seluruh tubuh. Dan menyilang-nyilangkan air dengan jari, tangan ke sela-sela rambut kepala dan rambut jenggot, dan kumis serta rambut mana saja di tumbuh kita, sehingga air itu rata mengenai seluruh tubuh.
  6. Dalam mandi junub, harus di pastikan bahwa air telah mengenai seluruh tubuh sampai kulit yang ada di balik rambut yang tumbuh dimanapun diseluruh tubuh kita. Karena itu siraman air itu harus pula dibantu dengan jari-jemari tangan, yang mengantarkan air itu ke bagian tubuh yang paling tersembunyi sekalipun, seperti di bagian lipatan anus dan lipatan-lipatan yang lainnya.
  7. Kemudian bila di yakini bahwa air telah mengenai seluruh tubuh, maka mandi itu diakhiri dengan membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki.
  8. Disunnahkan untuk melaksanakan mandi junub itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi SAW.

 

Rosulullah SAW Bersabda :
“Barang siapa yang meninggalkan bagian tubuh yang harus di aliri air dalam mandi junub. Walaupun satu urat rambut untuk tidak dibasuh dengan air mandi itu, maka akan diperlakukan kepadanya demikian dari api Neraka.

 

Doa Mandi Junub

اشهد ان لا اله الاالله وحده لا شريك له
واشهد ان محمداعبده ورسوله . اللهم اجعلني من التوابين
وجعلني من المتطهر وجعلني من عبا دكا الصالحين

Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku mengaku bahwa Nabi SAW itu adalah hamba dan utusan Allah. Yaa Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku dari golongan orang orang yang bersuci.

Tata cara mandi wajib yang terakhir adalah dengan membaca doa diatas tersebut. Demikianlah tata cara mandi wajib yang bisa anda lakukan dan praktekkan. Banyak sekali orang yang hanya sekedar mandi wajib tanpa tahu tata cara mandi wajib yang baik dan benar. Lakukanlah semua dengan sesuai sunah rosul.

Sumber : Berbagai buku referensi

Penulis :

Putri-Cilacap

2,220 total views, 24 views today

Klik >> Share Ke Teman Anda.

Artikel Menarik Lainnya

error: Content is protected !!