Tuesday, November 21Pusat Informasi Spiritual Indonesia

Museum Keris Solo Simpan Ratusan Keris Bertuah

museum keris soloMuseum Keris Solo – Museum Keris Nusantara di Solo sudah resmi di buka dan beroprasi. Museum keris solo ini baru saja diresmikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Sesuai namanya, museum keris solo ini menyimpan banyak sekali koleksi keris baik yang  dari zaman terdahulu sampai zaman sekarang. Baik yang bertuah maupun yang mempunyai seni yang tinggi.

Di kabarkan lebih dari 400 koleksi keris ada di museum keris solo tersebut. Museum keris solo ini beralamatkan di Jl. Bhayangkara, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Museum ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi terbaru di kota solo.

Tidak sembarang jenis keris bisa masuk ke dalam museum keris solo tersebut. Hanya keris yang mempunyai histori yang tinggi yang bisa masuk disana. Sejauh ini keris tertua yang berada di museum keris solo ini berasal dari era Kerajaan Majapahit pada abad ke-15. Keris-keris itu ditampilkan lengkap dengan penjelasan serta nama yang memberikan.

museum kerisKebanyakan keris yang diinventarisasi di museum keris solo tersebut sebagian besar merupakan hibah dari tokoh masyarakat yang mempunyai koleksi keris-keris kuno. Tak heran jika keris-keris yang ada di museum keris solo tersebut memiliki tuah dan historis yang sangat tinggi.

Presiden Joko Widodo sendiri berjanji akan menyerahkan koleksi keris pribadinya untuk dirawat di Museum Keris Nusantara. Dari banyak koleksi yang dimilikinya, Jokowi akan menyumbangkan sedikitnya lima buah kerisnya. Janji tersebut dia sampaikan saat meresmikan museum  keris Solo, Rabu (9/8/2017).





Baca Juga :


Mengenai jumlah dan jenis keris yang akan dihibahkan ke Museum Keris, Jokowi masih belum menentukan. Dia akan berkoordinasi dengan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, untuk hal tersebut.

“Yang saya pilih yang baik-baik. Nanti saya akan langsung ke pak wali. (Jumlah yang dihibahkan) paling enggak lima lah,” ujarnya usai meninjau bagian dalam museum.

Keris memang sudah menjadi warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Fungsi keris dari zaman dahulu sampai sekarang masih bisa di rasakan. Di zaman modern ini banyak orang yang berburu keris pusaka untuk mengharap berkah tuah yang ada dalam keris tersebut. Keris yang bertuah / memiliki khodam memang di percaya bisa memberikan kesuksesan bagi pemiliknya. Seperti permasalahan cinta, karir, keuangan dan sebagainya.

Untuk mencari keris yang benar-benar bertuah tidaklah mudah. Untuk itu salah satu seorang kolektor pusaka dan pengamat benda mistis dari Kudus Mas Azye memberikan fasilitas bagi siapa saja yang menginginkan keris pusaka. Mas Azye juga memiliki berbagai macam keris pusaka bertuah yang di dapatkan dari penjuru nusantara. Untuk melihat koleksi pusaka bertuah untuk segala hajad, bisa Klik Disini.

 

499 total views, 17 views today

Klik >> Share Ke Teman Anda.

Artikel Menarik Lainnya

error: Content is protected !!