Tuesday, October 17Pusat Informasi Spiritual Indonesia

Resmi HTI Dibubarkan, inilah Kronologi lengkap perjalanan Hizbut Tahrir di Indonesia

hti dibubarkanHTI dibubarkan – Pemerintah telah resmi membubarkan salah satu ormas besar Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menko Polhukam Wiranto mengatakan upaya hukum untuk membubarkan HTI dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI.

 

3 Alasan kenapa HTI dibubarkan

Dalam keputusan tersebut, Wiranto memaparkan tiga alasan pemerintah untuk mengambil keputusan tegas bahwa HTI dibubarkan.

  1. Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.
  2. Kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.
  3. Aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKR

Ketiga alasan mendasar itulah yang memaksa pemerinta untuk mengambil keputusan secara tegas. Perjalanan HTI kini harus di akhiri sampai disini.

 

Kronologi perjalanan Hizbut tahrir di Indonesia

Hizbut Tahrir pertama kali berdiri pada tahun 1953 di Palestina. Didirikan oleh seorang yang bernama Syekh Taqiyuddin an-Nabhani. Mereka menyebut organisasi sebagai partai politik berideologi Islam. Keberadaan HTI di Indonesia sendiri tercatat sudah ada sejak 1980-an.

Kalau dilihat dari situs HTI, Hizbut Tahrir ada sudah beredar banyak di negara-negara lain di dunia, seperti Mesir, Libya, Sudan, Turki, Inggris, Prancis, Jerman, lalu merambah ke Indonesia

Pada tahun 1980 an masuklah HTI ke Indonesia lewat jalan dakwah. Saat itu HTI banyak melakukan dakwah di kampus-kampus besar yang ada di Indonesia. Targetnya adalah para mahasiswa yang mempunyai logika dan nalar yang lebih rasionalis dan mudah di pengaruhi dan do profokasi.


Baca Juga:

Cara Cepat Mendapatkan Pesugihan Tanpa Tumbal Dan Tanpa Mahar

Lukisan Ratu Kalinyamat Sarana Ampuh Pelarisan Toko


Kemudian pada 1990-an sampai sekarang, HTI memperluas kegiatan secara terang-terangan ke masyarakat.  Kegiatanya dilakukan melalui dakwah di masjid-masjid, perkantoran, perusahaan, hingga perumahan. Gedung-gedung untuk dakwah dan perkumpulan sudah mulai di bangun di tengah-tengah masyarakat. Masanya pun semakin tahun semakin bertambah. Terbukti dalam berbagai macam aksi dami di jakarta kemarin Hizbut tahrir juga ikut berpartisipasi disana.

Hizbut Tahrir memiliki tujuan utama yaitu melanjutkan kehidupan Islam dan menyebarluaskan dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia. Itu adalah salah satu tujuan utama yang harus di lakukan oleh HTI. Seluruh kegiatan kehidupan diatur sesuai dengan hukum-hukum syara’ bukan pada hukum kita yang berlaku saat ini. Hizbut Tahrir juga memiliki misi membangkitkan kembali umat Islam dengan kebangkitan yang benar sebenar-benarnya.

Keberadaan Hizbut Tahrir juga berusaha mengembalikan kejayaan dan keemasan umat Islam seperti masa lampau. Kejayaan itu dengan mengambil alih kendali negara dan bangsa di dunia. Mereka berusaha agar akidah Islam dapat menjadi dasar negara, dasar konstitusi, dan undang-undang dalam menjalankan pemerintahan. Itulah kenapa HTI dibubarkan saat ini.

 

3 Metode dakwah yang dilakukan Hizbut tahrir

Ada tiga tahapan metode perjalanan dakwah Hizbut Tahrir, yakni

  • Tahap pembinaan dan pengkaderan,
  • Tahap berinteraksi dengan umat,
  • Tahap penerimaan kekuasaan.

 

Untuk perekrutan keanggotaan ini, HTI menerima setiap orang Islam, baik laki-laki maupun wanita. Tanpa melihat apakah keturunan Arab atau bukan.

Penulis :

Nurul Abror-Jakarta (Mahasiswa)

530 total views, 4 views today

Klik >> Share Ke Teman Anda.

Artikel Menarik Lainnya

error: Content is protected !!