Sunday, December 17Pusat Informasi Spiritual Indonesia

6 Amalan Bulan Muharram Yang Berpahala Besar

amalan bulan muharramTanggal 1 Hijriyyah atau tahun baru Islam terdapat pada bulan muharram. Bulan muharram adalah salah satu bulan yang di muliakan oleh Allah. Banyak amalan bulan muharram yang dapat memperolah pahala yang besar ketika dilakukan. Amlan bulan muharram ini ada banyak sekali, namu penulis mengambil 6 amalan bulan muharram yang paling penting. Sebagaimana Firman Allah tentang amalan bulan muharram tersebut (yang artinya),

“Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah adalah 12 bulan (yang telah ditetapkan) di dalam kitab Allah sejak menciptakan langit dan bumi. Di antara 12 bulan tersebut terdapat 4 bulan yang suci. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menzhalimi diri kalian pada bulan-bulan (suci) tersebut.” (QS. At Taubah : 36)

Diantara keempat bulan haram (suci) tersebut adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Sebagaimana yang disebutkan oleh sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam (yang artinya),

“Satu tahun ada 12 bulan, diantaranya ada 4 bulan suci: 3 bulan secara berurutan yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan bulan Rajab diantara bulan Jumada dan bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari)

Mengapa keempat bulan tersebut dinamakan bulan haram? Abu Ya’la mengatakan,

“Dinamakan bulan haram karena dua makna. Pertama, pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan sebagaimana yang diyakini oleh orang-orang jahiliyyah dahulu. Kedua, pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan maksiat lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya dikarenakan mulianya bulan tersebut.” (Zaadul Maysir, Ibnul Jauziy)




 

Beberapa Amalan Bulan Muharram Yang Berpahala Besar

Berikut adalah 6 amalan penting amalan bulan muharram yang mempunyai banyak manfaat dan berpahala besar jika dilakukanya dengan ikhlas dan ridho karena Allah SWT. Lakukan amalan bulan muharram ini sebaik mungkin. Luangkan waktu khusus untuk melakukan amalan bulan muharram ini. Jangan sampai menyesal tidak melakukan amalan bulan muharram, karena pahalanya sangat besar ketika di lakukan.

1. Perbanyak Amalan Shalih dan Jauhi Maksiat

Amalan bulah muharram yang pertama adalah memperbanyak amalan shalih dan menjauhi maksiat. Pada bulan Muharram, umat muslim dilarang melakukan perbuatan-perbuatan yang berunsur dosa. Maka itu, alangkah baiknya jika kita mampu menghindari hal-hal maksiat, baik di bulan Muharram ataupun bulan-bulan lainnya. 

Qotadah rahimahullah menjelaskan bahwa

“Sesungguhnya kezaliman pada bulan haram lebih besar kesalahan dan dosanya daripada kezaliman yang dilakukan di luar bulan-bulan haram tersebut. Meskipun kezaliman pada setiap kondisi adalah perkara yang besar, akan tetapi Allah Ta’ala menjadikan sebagian dari perkara menjadi agung sesuai dengan kehendaknya.”

2. Perbanyaklah Puasa dan Sholat Malam

Puasa juga menjadi bagian dari amalan bulan muharram. Puasa di bulan Muharaam telah dicontohkan oleh Rasulullah dan puasa tersebut merupakan sebaik-baiknya puasa setelah bulan ramadhan.

Dari Abu Hurairah R.A, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya),

“Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Para salaf pun sampai-sampai sangat suka untuk melakukan amalan bulan muharram dengan cara berpuasa pada bulan haram.

3. Melakukan  Puasa Tasu’a (Tanggal 9 Muharram)

Setahun sebelum Rosullullah wafat, beliau bertekad untuk tidak berpuasa hari ‘Asyuro (tanggal 10 Muharram) saja, tetapi beliau menambahkan puasa pada hari sebelumnya yaitu puasa Tasu’a (tanggal 9 Muharram) dalam rangka menyelisihi puasanya orang Yahudi Ahli Kitab.

Sebagian ulama ada yang berpendapat di-makruh-kannya (tidak disukainya) berpuasa pada tanggal 10 Muharram saja, karena menyerupai orang-orang Yahudi. Tapi ada ulama lain yang membolehkannya meskipun pahalanya tidak sesempurna jika digandengkan dengan puasa sehari sebelumnya (tanggal 9 Muharram). (Asy Syarhul Mumti’, Ibnu ‘Utsaimin). Puasa tasu’a juga merupakan amalan bulan muharram yan bisa anda lakukan.


Baca Juga :


4. Melakukan Puasa ‘Asyuro (Tanggal 10 Muharram)

Hari ‘Asyuro merupakan hari yang sangat dijaga keutamannya oleh Rasulullah, sebagaimana hadits dari Ibnu ‘Abbas R.A beliau mengatakan,

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam begitu menjaga keutamaan satu hari di atas hari-hari lainnya, melebihi hari ini (yaitu hari ‘Asyuro) dan bulan yang ini (yaitu bulan Ramadhan).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah menyebutkan pahala bagi orang yang melaksanakan puasa sunnah ‘Asyuro, sebagaiamana riwayat dari Abu Musa Al Asy’ari, beliau mengatakan, Rosulullah ditanya tentang puasa Asyuro, kemudian beliau menjawab,

Puasa Asyuro menjadi penebus dosa setahun yang telah lewat” (HR. Muslim)

Begitu besar pahala amalan bulan muharram ini, Alangkah baiknya diniatkan dalam diri anda untuk melakukan amalan bulan muharram ini dengan ikut berpuasa di tanggal 10 muharram nanti.

6. Muhasabah dan Introspeksi Diri

Amalan – amalan bulan muharram yang terakhir adalah dengan melakukan muhasabah atau introspeksi diri. Semakin bertambahnya waktu, maka semakin bertambah pula usia kita. Perlu kita sadari, bertambahnya usia akan mendekatkan kita dengan kematian dan alam akhirat. maka melakukan amalan bulah muharram yang terakhir ini adalah sebagai koreksi diri sebelum menghadap ke yang kuasa.


Baca Juga : 


Sebuah pertanyaan besar, “Semakin bertambah usia kita, apakah amal kita bertambah atau malah dosakah yang bertambah??!” Maka pertanyaan ini hendaknya kita jadikan alat untuk muhasabah dan introspeksi diri kita masing-masing. Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan, “Tiada yang pernah kusesali selain keadaan ketika matahari tenggelam, masa hidupku berkurang, namun amalanku tidak bertambah.”

Semoga Allah senantiasa memberikan kita taufik untuk tetap teguh berada di atas jalan kebenaran-Nya, bersegera untuk melakukan instrospeksi diri sebelum datang hari di-hisab-nya semua amalan, dan menjauhkan dari perbuatan maksiat yang bisa membuat noda hitam di hati kita. Wallahu Ta’ala a’lam.

Itulah 6 amalan penting yang bisa Anda lakukan di bulan muharram ini. Lakukan amalan bulan muharram ini dengan penuh keihlasan dan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Semoga dengan melakukan amalan bulan muharram ini kita semua di golongkan orang-orang yang beriman dan mendapatkan pertolongan Allah. Silahkan lakukan amalan bulan muharram ini selagi kita masih hidup. Ajak teman anak, istri, teman, saudara, dan tetangga untuk ramai-ramai melakukan amalan bulan muharram ini. Agar hidup kita semua semakin berkah.

 

1,817 total views, 2 views today

Klik >> Share Ke Teman Anda.

Artikel Menarik Lainnya

error: Content is protected !!