Friday, May 25Pusat Informasi Spiritual Indonesia

10 Keutamaan Bulan Ramadhan, Muslim Wajib Baca Ini. Jangan Sampai Menyesal

Keutamaan bulan Ramadhan memanglah sangat luar biasa. Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh orang – orang mukmin diseluruh dunia. Banyak orang yang berdoa supaya selalu bisa menyaksikan bulan Ramadhan. Bahkan banyak orang yang juga berharap supaya dalam 1 tahun ini adalah bulan Ramadhan semua. Sebegitu dahsyatnya lah keutamaan bulan Ramadhan. Sehingga banyak orang selalu ingin berjumpa dengan bulan Ramadhan.

“Yaa Allah, pertemukanlah aku dengan Ramadhan, dan pertemukanlah Ramadhan denganku, dan jadikan amal ibadahku pada bulan mulia itu diterima disisi Mu “

Seberapa dahsyat sih keutamaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan – bulan yang lain ? ” dalam postingan kali ini, akan kami sebutkan sedikitnya sepuluh keutamaan bulan Ramadhan meskipun sebenarnya banyak sekali keutamaan bulan yang mulia ini yang telah disebutkan oleh para ulama. Yang kami harapkan bisa bermanfaat bagi kita semua.


1. Al Qur’an Diturunkan Pada Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan yang pertama, Allah ta’ala berfirman :
“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang bathil )“ ( Al Baqarah : 185 )

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata ( Allah ta’ala memuji bulan bulan Puasa diantara bulan – bulan lainnya, dengan memilih bulan tersebut ( sebagai waktu ) diturunkannya Al Qur’an ) lihat Tafsir Ibnu Katsir 1 / 282

2. Pada bulan Ramadhan diwajibkannya puasa, dan diberikanya pahala yang besar bagi yang berpuasa.

Puasa Ramadhan merupakan rukun keempat dari rukun-rukun Islam dan merupakan pondasi Islam yang agung, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

Islam dibangun di atas 5 pondasi  : Persaksian bahwasanya tidak ada AIlah yang berhak diibadahi kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melaksanakan haji ke Baitullah. (Muttafaqun ‘Alaihi)

Hal tersebut termasuk dari perkara agama yang telah diketahui secara umum dan telah disepakati oleh kaum muslimin bahwasanya ibadah puasa di bulan Ramadhan termasuk dari ibadah yang wajib dari kewajiban-kewajiban yang Allah ta’ala tetapkan.

“Karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir ( di negeri tempat tinggalnya ) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan ( lalu ia berbuka ), Maka ( wajiblah baginya berpuasa ), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur “ ( Al Baqarah : 185 )


Baca Juga :


3. Dibukanya pintu Syurga dan di tutupnya pintu nereaka

Keutamaan bulan Ramadhan yang ke tiga yaitu dibukanya pintu surga. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

Maka dari itu inilah kesempatan manusia untuk masuk syurga dengan melakukan amal sholeh yang banyak di bulan Ramadhan ini. Melakukan kebaikan dan rajin ibadah kepada Allah.

4. Diampuninya dosa-dosa besar

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

Dalam hadits lain beliau bersabda :

“Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni “ ( diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad )

Inilah saatnya meminta ampun kepada Allah SWT. Jangan sampai kita menjadi orang yang rugi karena belum minta ampn Ramadhan sudah berlalu. Manfaatkan kesempatan emas ini. manfaatkan Keutamaan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.


5. Pahala Dilipat Gandakan di Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan yang ke lima yaitu pahala akan dilipat gandakan. Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda :

“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku“

Ibnu Rajab rahimahullah berkata ( Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru – gurunya yang berkata : apabila telah datang bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain ) perbanyaklah amal sholeh lainnya. 


6. Terdapat malam yang penuh berkah yaitu Lailatul Qadr

Di dalam Keutamaan bulan Ramadhan itu ada yang namanya lailatul qodar. Lailatul Qadr ( malam kemuliaan ) adalah suatu malam yang ada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak sekali barakah dan kemuliaan, bahkan satu malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar“ ( Al Qadr : 1-5 )

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah dating kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan“ ( diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry )


7. Disyareatkannya I’tikaf Di Bulan Ramadhan

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma’af kepadamu.

Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa “ ( Al Baqarah : 187 )
Anas radhiallahu anhu berkata :

“Adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, sampai beliau wafat, kemudian istri – istri beliau pun beri’tikaf setelahnya“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )


Baca Juga:


8. Puasa Ramadhan Salah Satu Sebab Masuk Surga

Pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ada dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, kemudian salah seorang dari mereka mati syahid, sementara yang satunya wafat setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran – heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

“Bukankah setelah itu ( dalam waktu setahun ) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?“ ( diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani )
Keutamaan bulan Ramadhan sangatlah luar biasa dirasakan banyak orang bagi yang beriman.

 

9. Bulan Ramadhan Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan

Keutamaan bulan Ramadhan yang ke sembilan, Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda :

“Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, dan membangunkan keluarganya.

Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi apabila datang bulan Ramadhan.


10. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, Dan Mustajabnya Doa

Keutamaan bulan Ramadhan yang terakhir adalah mustajabnya doa. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah“ ( diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani )

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu – pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim )

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab“ ( diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani )

Silahkan manfaatkan Keutamaan bulan Ramadhan ini dengan baik, ucapkan doa anda semoga apa yang menjadi hajad anda bisa terkabul. Amin ya robbal alamin.


Baca Juga : Pesugihan Tanpa Tumbal Secara Islami, 100% Aman Dan Berhasil


 

340 total views, 30 views today

Klik >> Share Ke Teman Anda.

Artikel Menarik Lainnya